Bagaimana Cara Praktis Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Bagaimana Cara Praktis Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat

Cara Mengingat Rumus Matematika

Mencari Tahu Bagaimana Cara Praktis Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat

Katanya Belajar Rumus Matematika itu susah, Tapi nyatanya Ngak Juga sih guys, yang penting kita tahu bagaimana caranya mempelajari dan memahami rumus Matematika yang mudah dan gak pakai ribet, pada intinyanya pemahaman akan sebuah Rumus Matematika itu lebih penting di bandingkan dari sekedar menghafal rumus matematika tersebut, namun bagi kebanyakan pelajar dan mahasiswa rumus matematika adalah sesuatu yang sulit di ingat dan sangat menjenuhkan, kalau di pikir - pikir katanya sih lebih enak menghafal setumpuk komik atau novel di bandingkan harus menghafal dan belajar memahami sebaris rumus matematika. ia juga sih, bandinginnya sama baca komik atau novel sih, walau memang kenyataan hidup dan memang deritanya para pelajar dan mahasisawa yang tidak suka dengan ilmu matematika ya begitu,  Tapi kalian tidak perlu lagi menderita berlama - lama, dan gak perlu lagi khawatir selama masih ada kemauan dan usaha masalah apa sih yang tidak bisa kita atasi ? kadang kala Selain harus mengusai Rumus matematika atau fisika dalam hal pemahaman konsep kalian juga diharuskan cukup banyak menghafal rumus-rumus matematika dan Fisika tersebut yang biasa disebut dengan Teorema, Tapi gak perlu sampai stress mikirin itu semua, Kita ada cara yang mudah agar semua Rumus - rumus Matematika dan Fisika Itu ada di luar kepala kalian, Gimana udah siap untuk mempelajari caranya guys ? Ayo Pelajari Caranya ! Bagaimana Cara Menghafal dan Memahami Rumus Matematika Dengan Cepat dan Praktis.

Contoh  Produk Buku Belajar Matematika Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Sebelum kita uraikan rahasianya di sini, ada baiknya kamu coba simak salah satu Video tutorial mengenai Tip's  Cara menghafal dan memahami rumus - rumus matematika dengan mudah dan cepat, selamat menyimak !




Pada dasarnya sih, otak yang dimiliki manusia itu bisa menyimpan memori bahkan ingatan yang lebih lama jika dibantu dengan gambaran atau visualisasi yang sesuai. Nah biasanya Otak kiri manusia itu dicirikan sebagai karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan logis, analisis, urutan, rasional dan objektif, sehingga dengan karakterisitik tersebut, Manusia yang dominan dalam menggunakan otak kiri akan cenderung mempunyai pendekatan rasional terhadap kehidupannya. Namun Berbeda dengan karakteristik yang terkait otak kanan adalah intuitif, subjektif, acak, holistik dan sintesis. Dengan karakteristik seperti ini, Manusia akan yang lebih dominan dalam menggunakan otak kanan cenderung untuk lebih kreatif daripada orang yang dominan otak kiri. Bagi anda yang lebih didominansi otak kanan lebih menyukai aspek visual, musik, seni, dan imajinasi, lebih singkatnya, otak manusia yang digunakan dalam menyimpan memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri yang memuat perhitungan, dan otak kanan yang berfungsi visual atau imajinasi.

Contohnya : Kalian pasti pernah ketemu dengan seseorang tapi lupa siapa namanya, ini dikarenakan otak lebih cepat dalam menyimpan informasi yang kamu lihat dengan jelas visualisasinya. Nah Kalau kalian Menghafal dengan cara mengulang-ulang kata atau kalimat itu masih kurang memiliki dukungan visualisasi dan akan gampang lupa lah kalau gitu mah guys ! Makanya cara menghafal dan memahami Rumus Matematika dan Fisika biar lebih mudah di ingat dan gak gampang lupa, kalian harus Visualisasikan Rumus - rumus tersebut.

Intinya Kalau dengan cara menggabungkan otak kiri dan kanan kita akan menghafalkan rumus-rumus matematika dengan warna-warna bervisualisasi yang jelas.

Dengan menggunakan warna diharapkan kalian akan lebih cepat mengingat apa yang kalian lihat. Silahkan coba deh menghafal dengan warna hitam dan bandingkan dengan menghafalkan rumus - rumus tersebut dengan mengggunakan warna - warni, tentunya kamu akan lebih cepat menghafal dengan bantuan warna - warna yang warna - warni itu.

Mau yang Lebih Mudah lagi dalam menghafal rumus - rumus ? Cobalah Menghafal Rumus - rumus Matematika dengan cara sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
  1. Kertas HPS (Kertas Kosong)
  2. Sepidol, minimal 2 dengan warna cerah

Cara menggunakannya cukup anda tulis ulang rumus yang akan dihafalkan di kertas kosong tersebut dengan warna yang yang berbeda untuk setiap rumus matematika yang akan dihafalkan. Lalu silakan cari tempat yang nyaman silahkan anda coba untuk menghapalkan rumus-rumus tersebut.

Cara Menghafal Rumus dengan bekerja sama antara Otak kiri dan Otak Kanan

Kalau kamu ingin sukses dan mendapat nilai yang baik dalam pelajaran Matematika atau dalam pelajaran Fisika bahkan KIMIA, tentu anda perlu menguasai berbagai macam rumus - rumus yang ngejelimet



Ini dia Cara Cepat Menghafal Rumus Rumus



  Ini adalah contoh Rumus yang harus di hafal :
  1. Vp/Vs = Np/Ns
  2. Pp = Vp x Ip
  3. Np/Ns = Is/Ip
  4. Vp/Vs = Is/Ip
  5. Ps = Vs x Is

Bagaimana mengingat rumus-rumus tersebut di atas ? gampang banget pokoknya, ikuti saja petunjuk di bawah ini :

Rumus adalah informasi yang dibaca oleh otak kiri. Agar dapat dibaca Otak Kanan, tiap bagian dalam rumus tersebut kita ubah menjadi sebuah benda, sehingga dapat di imajinasikan. Berikut adalah contoh Imajinasi atau versi cerita kami.

  1. Vp = Vespa, Vs=Venus,Np=Napi,Ns=Nasi
    Vp/Vs = Np/Ns
    Vespa nimpa Venus sebelahnya ada Napi nginjak Nasi

  2. Pp=Papa, Vp=Vespa, Ip=Ipung
    Pp = Vp x Ip
    Papa Melihat Vespa nabrak Ipung

  3. Np = Napi, Ns=Nasi,Is=Iis,Ip=Ipung
    Np/Ns = Is/Ip
    Napi nginjak Nasi tadi ada yang kaget Iis nginjak Ipung

  4. Vp/Vs=Is/Ip
    Vespa nimpa Venus bikin juga Iis nginjak Ipung

  5. Ps=Vs x Is
    Di Pasar ada Vespa nabrak Iis

Intinya kata hanya perlu membuat rumus-rumus tersebut dalam sebuah cerita, sehingga mudah dan cepat bagi kata untuk menguasainya, sementara untuk "Kali" bisa anda namakan dengan NABRAK misalnya, untuk "Tambah" bisa anda namakan dengan LARI, tergantung kesepakatan diri kamu saja deh, ayo di coba. agar daya ingat kamu terjaga dengan baik harap perhatikan hal - hal di bawah ini.

Faktor penyebab turunnya daya ingat / konsentrasi seseorang

Berkurangnya konsentrasi / daya ingat seseorang (Anak / Orantua ), dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor pemicu, yang diantaranya seperti :
  • Kurang Tidur : Pada seseorang yang memiliki masalah dengan insomnia dan kurang tidur, sangat beresiko mengalami sering lupa. Itu karena dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menunjukan bahwa manusia perlu sedikitnya 6 jam tidur/beristirahat, akan menyebabkan kurangnya potensi maksimumnya.
  • Depresi : Tidak banyak orang yang tahu bahwa depresi juga dapat menyebabkan lemahnya daya ingat seseorang. Dan yang paling berbahayanya lagi, depresi kini dapat terjadi pada siapa saja tidak tergantung pada usia, disarankan kamu menjaga pola hidup yang seimbang antara belajar dan bermain harus seimbang.
  • Alkohol dan obat-obatan : Seseorang yang kecanduan minuman beralkohol dan jenis-jenis obat tertentu, dapat memicu turunnya / melemahnya daya ingat, hindari ya !!!
  • Penyakit tertentu : Terjadinya penurunan daya ingat juga dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa penyakit. Dan salah satu penyakit yang sangat mempengaruhi pada turunnya ingatan seseorang diantaranya seperti, Flu, batuk, diabetes, Alzheimer dll, makanya jagalah kesehatan kamu, makan makanan yang bergizi dan bervitamin.
Oleh sebab itu sebagai seorang pelajar atau mahasiswa sebaiknya kamu perhatikan 4 hal diatas, ingat - ingat jangan kamu langgar. semua demi masa depan kamu loh guys, tapi harus di dukung juga dengan vitamin dan gizi yang cukup ya, apa saja itu yuk kita cari tahu !


--> SELANJUTNYA