Cara Cepat dan Mudah Supaya Bisa Berenang - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Cepat dan Mudah Supaya Bisa Berenang

Cara Belajar Berenang

Mencari Tahu Cara Mudah Supaya Cepat Bisa Berenang

Bagi sebagian orang mungkin terasa sulit untuk memiliki kemampuan untuk bisa berenang, minimal ketika berada di dalam kolam air ia tidak langsung tenggelam seperti batu yang tercebur ke dalam kolam, sebagai manusia yang hidupnya di darat kemampuan dasar renang sangatlah di perlukan untuk mempertahankan hidupnya ketika terjadi bencana banjir atau ketika ia tenggelam di tengah lautan luas, atau yang lebih bermanfaat lagi kemampuan berenang dapat di jadikan hobby ataupun olah raga rutin yang menunjang kesehatan anda. Berenang juga dapat membantu pertumbuhan badan untuk tumbuh lebih tinggi, khususnya pada masa-masa pertumbuhan, intinya belajar berenang itu banyak manfaatnya, nah atas dasar inilah maka tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mencoba belajar berenang, agar hidup anda lebih sehat dan tentunya lebih nyaman, Jangan khawatir Kelelep di dalam kolam renang, karena dibawah ini kami akan memberikan panduan lengkapnya kepada anda, Ayo Pelajari Caranya ! Bagaimana Cara Cepat dan Mudah Supaya Bisa Berenang !

Perlu di ingat, demi keselamatan anda, sebaiknya ketika anda mau belajar berenang terutama ketika masuk kedalam air kolam renang, sebaiknya anda di dampingi instruktur renang atau beberapa teman yang memang sudah mahir berenang ! atau anda bisa mencobanya di kolam dangkal yang airnya tidak melebihi batas leher anda ketika telapak kaki berpijak di dasar kolam.





Sebelum kita bahas berbagai macam Teori dan Tehnik Cara Cepat dan Mudah Supaya Bisa Berenang lebih lanjut ada baiknya anda simak sejenak video tutorial dibawah ini tentang Bagaimana caranya Belajar Berenang dengan mudah dan cepat bagi pemula, terutama pada Tahap awal penyesuai terhadap Tekanan Air di dalam kolam renang - Selamat menyimak !





Sekali lagi kami ingatkan untuk Bisa cepat bisa berenang, anda dapat belajar berenang dikolam yang dangkal dahulu atau anda dapat mencoba belajar berenang di tepi pantai, karena air laut memiliki daya apung yang tinggi sehingga anda lebih mudah mengapung dan belajar gerakan dasar berenang. Jika di kolam renang berair tawar anda akan membutuhkan tenaga yang besar untuk berusaha tetap mengapung. supaya cepat bisa berenang anda dapat mencoba Berenang gaya dada atau gaya katak lebih dulu karena lebih mudah dilakukan. Renang gaya katak dapat dilakukan dengan mempertahankan kepala tetap dipermukaan dengan gerakan tangan lurus kedepan lalu membuka kearah samping disertai kaki menendang kearah luar menyerupai gerakan katak. Atau anda dapat mencoba gerakan lain yang anda anggap paling mudah.

Anda Dapat Memilih Berbagai Macam Perlengkapan Berenang Yang cocok dengan agar lebih cepat mahir berenang, untuk  contoh, Jenis dan Juga kwalitasnya, bisa anda lihat dengan cara : 


Demi Keselamatan anda ada beberapa hal yang harus anda diperhatikan terkait lokasi yang anda gunakan untuk belajar berenang.

Jika anda belajar berenang di pantai. Cari lah lokasi pantai yang berpasir dan tidak terlalu curam. Dengan kondisi arus dan ombak tidak terlalu besar. Kondisi pantai seperti ini biasanya dapat ditemukan pada pagi hari saat cuaca cerah dan wajib di dampingi oleh instruktur renang atau teman yang bisa berenang, supaya jika terjadi hal - hal yang di inginkan anda bisa cepat ditolong \atau diselamatkan oleh mereka.

Jika anda memilih belajar dikolam renang umum, cari waktu dimana kolam renang tidak terlalu ramai, selain mengurangi rasa malu eaktu di lihatin orang ketika belajar berenang, ruang gerak anda juga akan lebih leluasa, jangan lupa carilah tempat di dalam kolam renang yang memiliki area dangkal. Jangan belajar dikolam renang umum yang memiliki fasilitas bermain seperti kolam arus, perosotan atau hal menarik lainnya yang akan mengganggu konsentrasi anda untuk belajar berenang. Yang ada, anda malah akan sibuk menikmati arena bermain dan gagal fokus untuk belajar berenang, apalagi banyak orang di sana ! yang ada anda malah cuci mata deh.

Sekali lagi kamui ingatkan, hal yang wajib anda ingat dan tak bisa di tawar adalah ketika saat belajar berenang di pantai ataupun di kolam renang. Mintalah bantuan rekan anda yang sudah bisa berenang untuk mengawasi anda dan membantu anda memberi contoh gerakan berenang yang baik dan benar. Jika anda sudah siap, mari kita pelajari teorinya terlebih dahulu di bawah ini !

Berikut Ini adalah Beberapa hal dasar yang perlu Anda dipelajari supaya cepat bisa berenang.

Cara Meluncur dan Mengapung di dalam air




Untuk cepat bisa berenang tentu anda harus mampu mengapung terlebih dahulu. Agar dapat mengapung dengan mudah anda dapat mempelajarinya di pantai atau di kolam renang yang dangkal kira-kira setinggi dada.  Hentakan kaki kelantai atau kedasar kolam untuk mendorong tubuh anda meluncur kedepan.

Contoh  Produk Alat Bantu Belajar Berenang Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Anda dapat menggunakan peralatan seperti snorkel agar anda dapat mengapung lebih lama dengan posisi badan menelungkup (menghadap kebawah). dengan bantuan snorkel anda dapat tetap bernapas sehingga anda dapat mengapung lebih lama dan membiasakan diri dengan posisi tersebut. Hal ini juga dapat membantu anda melatih pernapasan didalam air. Jika anda belajar berenang di pantai, anda akan lebih mudah mengapung karena konon katanya air laut memiliki berat jenis yang tinggi.

Cara Menggerakan anggota badan di dalam Air

Setelah anda merasa mahir untuk mengapung dengan baik, maka selanjutnya anda dapat melatihgerakan dasar berenang. Gerakan kaki atau tangan secara perlahan membentuk gerakan berenang. Jangan panik saat menggerakan badan, gerakan badan sesuai gerakan renang gaya bebas ayunkan tangan seolah mendayung dan gerakan kaki keatas dan kebawah agar tubuh anda dapat bergerak maju.




Cara belajar berenang dengan mulai menggerakan anggota badan ini, anda perlu tetap mengunakan snorkel untuk membantu anda bernafas meskipun posisi kepala anda berada didalam air.

Lakukan latihan ini secara rutin hingga anda merasa sudah lancar. Tetap menggunakan kolam yang dangkal atau dipinggir pantai yang tidak tertlalu dalam untuk mulai belajar berenang.

Latihlah gerakan kaki di pinggir kolam dengan memegang tepian kolam dan gerakan kaki hingga tubuh anda terangkat ke permukaan.

Memperhatikan Pernapasan.




Bernapas saat berenang mungkin agak sulit dilakukan. Jika sebelumnya anda belajar berenang dengan mengunakan snorkel. Untuk melatih pernapasan anda tidak memerlukan snorkel lagi. Berenang dengan gaya bebas angkat kepala kesamping hingga kepala keluar dari dalam air untuk mengambil napas.

Hal ini agak sulit dilakukan tapiseiring berkembangnya kemampuan dan latihan rutin yang anda lakukan, yakinlah anda akan cepat bisa dapt berenang dengan baik.

Untuk belajar berenang anda bisa memulai belajar gaya bebas terlebih dahulu karena Berenang gaya bebas relatif mudah dibanding gaya renang lainnya. Jika anda sudah dapat melakukan dasar-dasar berenang, anda bisa mencoba gaya renang lainnya yaitu gaya kupu-kupu, gaya punggung dan lainnya.

Berikut ini Trik yang Harus anda pelajari Jika ingin cepat bisa berenang

  • Trik Pertama : Latihan Pernafasan Dulu
  • Yuk Pelajari Cara agar badan kita tidak tenggelam di air

Caranya : tarik nafas melalui mulut, tahan, kemudian masukkan kepala kedalam air buang nafas melalui hidung secara perlahan - lahan hingga membentuk gelembung - gelembung udara, lakukan secara santai dan pelan - pelan, ulangi hingga terbiasa dan santai.peringatan pada saat menyelam jangan menahan nafas, buanglah nafas yang tertahan melalui hidung. Cara agar tubuh kita tidak tenggelam di air.

Trik Kedua : Belajar mengapung, agar lebih rilex dan tidak panik saat mulai berenang

Caranya : kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kedua kaki didorong keatas hingga posisi seperti berdiri dipermukaan air, tarik nafas kemudian celupkan bagian wajah saja tahan nafas dan buang perlahan - lahan melalui hidung, lakukan berulang - ulang hingga terbiasa, trik jika kedua kaki tenggelam naikan bokong keatas.

Harap Diperhatikan : untuk proses belajar mengapung ini, awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya, ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau berdiri kembali. ketika belajar mengapung dan meluncur ini, yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air.

Trik Ketiga : Belajar meluncur di atas permukaan air, supaya cepat bisa berenang

Caranya : Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, Duduklah dipinggir kolam kedua telapak kaki menempel didinding kolam, pada hitungan ketiga dorong badan kedepan dengan kedua tangan kedepan, gerakan kaki seperti sedang berjalan dipermukaan air. ( untuk belajar mengapung, mintalah teman untuk menemani anda.) cara agar badan bisa mengambang di air.

Trik Ke Empat : Belajar Menggunakan Gaya Renang Dengan Baik Dan Benar

Gaya Dada adalah gaya yang paling mudah dipelajari, setiap gaya sebenarnya juga mudah dipelajari yang penting jangan pernah ada rasa takut saat di air. Agar bisa cepat berenang
  • Duduk dipinggiran kolam, kaki menempel di dinding kolam, tarik nafas tendang kaki kedepan.
  • Gerakan kaki - kaki

Caranya :

Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan).Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .

Rumusnya yaitu :

    tekuk, tendang, rapatkan,
    tekuk, tendang, rapatkan,
    Gerakan tangan
  • A : Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala ( kedua telapak tangan saling bertemu & menempel ) masing - masing tangan menempel disisi masing - masing telinga.

  • B : Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke Samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah Dari bawah perut tangan menyatu lalu Luruskan tangan kembali. Ulangi Gerakannya hingga Anda terbiasa dan Lebih Mahir .

Rumus tangan untuk gaya dada :

    luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
    luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan, dan seterusnya.

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki dan kemudian mengambil nafas
  • Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
  • Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas
Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas, usahakan tangan dan kaki jangan sampai saling bersamaan, tetapi selang - seling / bergantian. Kaki dan tangan jangan bersamaan membukanya tetapi harus bergantian, agar  Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).

Belum lama ini telah di temukan tehnik terbaru cepat mahir berenang bagi pemula yang takut sama air, atau trauma pernah kelelep di dalam kolam renang, jika anda termasuk kriteria orang tersebut silahkan anda simak

--> SELANJUTNYA