Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Budidaya Bunga Melati dan Mengolahnya Menjadi Teh Melati




Banyak sekali khasiat dan manfaat Teh Melati atau Jasmine Tea bagi kesehatan, dengan kultur alam indonesia yang agraris, maka tanaman Bunga Melati sangat mudah di tanam dan di budidayakan, berikut kita akan membahas tentang bagaimana budidaya tanaman bunga melati ini di pekarangan rumah anda sampai dengan cara mengolahnya menjadi Jasmine Tea ( Teh Melati ) yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan anda, namun sebelum kita membahasnya satu persatu, ada baiknya anda menyimak video tutorial berikut ini yang berisi proses pembuatan Teh melati, selamat menyimak.




SEKILAS INFO


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di Sini


Atau Di --> SINI



Setelah menyaksikan video di atas, siapa yang sangka dari budidaya melati ini Anda bisa masuk pasar ekspor dan mengeruk untung hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. apalagi pada musim pernikahan dan pada masa liburan, permintaan melati meningkat dan harga melati ikut meningkat. Ini yang menyebabkan keuntungan pelaku usaha budidaya melati terbilang sangat menguntungkan. Terlepas dari keuntungan yang mengiurkan itu, yang terutama adalah mempelajari bagaimana cara menanam pohon melati yang rajin berbunga dan mengolahnya menjadi jasmine tea yang bernilai ekonomis.
Ternyata Ada banyak sekali varietas bunga melati yang bisa ditemukan saat ini. Hingga saat ini diketahui ada sekitar 200 jenis bunga melati yang tersebar di daerah sub tropis dan tropis. Bunga melati juga dikenal sebagai salah satu bahan baku parfum, selain itu, bunga melati juga dapat digunakan sebagai akesori dalam pernikahan atau acara adat dan sebagai bahan campuran teh.

Variasi Kebutuhan Menanam Karakteristik
Jasminum officinale (melati musim panas) Matahari penuh hingga setengah bayangan; ditanam diluar pada iklim sejuk; jika tidak, didalam Putih, bunga berkilau; merambat kuat terkenal di banyak daerah.
Jasminum nudiflorum (melati musim dingin) Matahari penuh hingga setengah bayangan; ditanam diluar di banyak daerah Bunga kuning, perawatan sedikit; menutupi tanah dengan baik.
Jasminum parkeri Matahari penuh hingga setengah bayangan; ditanam diluar pada iklim sejuk; jika tidak, didalam Bunga kuning; tumbuh seperti semak belukar.
Jasminum fruticans Matahari penuh hingga setengah bayangan; ditanam diluar pada iklim sejuk; jika tidak, didalam Bunga kuning dan berbentuk tabung; semak belukar yang dapat tumbuh dimusim apa saja.
Jasminum sambac Matahari penuh hingga setengah bayangan; ditanam didalam kecuali pada iklim tropis Bunga yang wangi membuat teh yang nikmat; membutuhkan lingkungan dalam ruangan yang dikontrol di kebanyakan daerah.

Bagaimana Karakter dan Pembibitan Bunga Melati

Ada baiknya anda mengetahui beberapa karakter utama dari bunga ini. Jenis tanaman ini akan dapat tumbuh dengan baik pada lahan yang terletak pada ketinggian 1.600 m dari permukaan laut. Selain itu, bunga melati juga membutuhkan suhu tertentu agar bisa tumbuh dengan baik. Suhu yang dianjurkan adalah 25 hingga 37 derajat Celcius.

Bunga melati dapat dibudidayakan dengan teknik budidaya menggunakan stek. Pembibitan dapat dilakukan dengan menggunakan wadah semai atau polybag. Sedangkan untuk media semai dapat digunakan campuran antara tanah dan pasir steril. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil pada wadah semai sebagai jalan untuk pembuangan air yang berlebihan. Penyiraman bibit dapat dilakukan 1 sampai 2 kali sehari dan bibit harus dirawat hingga berusia 3 bulan.

Cara Pengolahan Lahan dan Penanaman


Setelah pembibitan, langkah selanjutnya dalam cara budidaya bunga melati adalah pengolahan lahan atau media tanam. Yang pertama harus dilakukan dalam persiapan lahan adalah membersihkan lahan dari gulma. Lalu lahan diolah dengan cara membajak atau mencangkul hingga tanah menjadi gembur. Langkah selanjutnya adalah pembentukan bedeng untuk menanam bunga melati.

Setelah bedeng terbentuk, perlu dilakukan pengapuran untuk menyeimbangkan pH tanah. Anda dapat menggunakan kapur kalsit, dolomite, kapur bakar, atau kapur hidrat dalam proses ini. Selain pengapuran lahan, perlu juga dilakukan pemupukan dalam tahap persiapan lahan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dengan dosis 10 hingga 30 ton per hektar.
Jika lahan telah siap, anda dapat melakukan penanaman. Proses penanaman dimulai dengan membuat lubang tanam pada lahan yang telah disiapkan. Tiap lubang tanam dapat diisi dengan satu bibit bunga melati yang diambil dari polybag. Jarak tanam dapat bervariasi sesuai dengan varietas, kesuburan tanah, dan bentuk kultur budidaya. Jarak tanam umum yang biasa digunakan adalah 1 x 1,5 m per pohon.

Pemeliharaan dan Pemupukan

Selain cara tanam yang benar, anda juga perlu memperhatikan proses pemeliharaan tanaman bunga melati yang dibudidayakan. Adapun jenis-jenis pemeliharaan yang perlu dilakukan adalah penyulaman tanaman, penyiangan, pemupukan, pengairan, serta pemberantasan hama.
Penyulaman merupakan bagian penting dalam cara menanam bunga melati dengan tujuan mengganti tanaman bunga melati yang mati dengan tanaman yang baru. Pada dasarnya, teknik penyulaman hampir sama dengan teknik penanaman hanya saja teknik ini dilakukan pada lubang tanam yang mana bibitnya perlu diganti dengan bibit baru. Penyulaman sebaiknya dilakukan kurang dari satu bulan setelah proses penanaman dengan tujuan untuk memudahkan proses pemeliharaan ke depannya.
Proses penyiangan bertujuan untuk menjaga kebersihan lahan dari gulma. Pemupukan dapat dilakukan sebanyak tiga bulan sekali. Pupuk yang dapat digunakan antara lain KCl, Urea dan STP. Pengairan juga merupakan proses penting dalam perawatan tanaman bunga melati karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang sangat bergantung pada ketersediaan air. Untuk pemberantasan hama dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida dan zat perangsang pertumbuhan.


Cara Membuat Teh melati Di Rumah

Sebagai bahan dasar pembuat teh wangi melati, kita pun bisa membuat teh dengan aroma melati sendiri di rumah, dan caranya sangat sederhana, berikut ini cara pembuatannya :

  • Petiklah 15 kuntum bunga melati yang sudah mekar.
  • Terus kita siapkan panci yang diisi air bersih sebanyak 800 mL air.
  • Lalu rebus hingga mendidih dan angkat lalu saring. Nah, sekarang air melati sudah jadi.
  • Siapkan cangkir yang diisi teh biasa lalu seduh dengan air melati dari hasil rebusan tadi.
  • Tambahkan gula pasir secukupnya.
  • Teh melati pun siapdi sajikan menemati saat santai anda.

Berikut Manfaat Jasmine Tea ( Teh Melati ) Bagi Kesehatan Anda

Untuk mendapatkan manfaat bunga melati, di pasaran sudah banyak olahan teh melati dalam bentuk teh yang praktis, tinggal seduh, tapi sekarang anda sudah dapat membuatnya sendiri di rumah toh,  dan berikut ini beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Mengobati stress
Pernahkah Anda merasakan stress yang begitu lama? Apa yang Anda lakukan? Anda bisa meringankan stress dengan menggunakan melati. Teh yang memiliki aroma melati dikenal begitu bermanfaat sebagai penghilang stress. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi kecemasan serta ketegangan. Selain itu nyeri yang berada di tubuh juga akan terasa berkurang.

2. Menjauhkan diri dari kanker
Bunga melati bila di ramu menjadi teh, ia akan mengeluarkan antioksidan yang sangat tinggi serta memerangi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas ini memiliki keterkaitan dengan perkembangan kanker yang berada di dalam tubuh, jadi dengan kata lain, bila Anda mengurangi radikal bebas di tubuh Anda, Anda juga akan mengurangi kemungkinan kanker. Selain itu antioksidan juga memberikan peran yang sangat penting sebagai pemerlambat proses penuaan.

3. Mengurangi kemungkinan stroke
Teh melati ternyata terbukti untuk mengurangi akumulasi kolesterol serta lemak di tubuh kita. Ia juga terbukti ampuh untuk mencegah pembentukan kolesterol yang bersifat jahat. Pencegahan kolesterol jahat ini akan mengurangi adanya kemungkinan penyakit stroke bahkan jantung. Oleh sebab itu, bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh melati secara teratur.

4. Membantu mengurangi berat badan
Apakah Anda berencana untuk melakukan proses diet atau mengurangi berat tubuh? Jika iya, Anda perlu mencoba menggunakan teh melati. Banyak studi yang membuktikan bila ada hubungan antara pengurangan sel lemak di tubuh dengan pengonsumsian teh melati secara teratur. Ia pun juga membantu menjaga berat badan agar tetap konstan selesai melakukan diet.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Saat ini teh bunga melati sdah beredar luas di pasaran. Selain enak dan wangi, ternyata teh bunga melati ini mempunyai khasiat lain yang sangat besar bai manusia, yaitu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, teh ini juga mampu mencegah sel kanker dan menurunkan kolesterol. Ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada teh melati tersebut.

6. Mengatasi PMS
PMS sering sekali terjadi pada wanita saat menjelang haid. Gejalanya bisa seperti orang yang sedang bad mood dan uring-uringan ngga jelas. Akibatnya seisi rumah kena efeknya. Produktifitas kerja juga menurun. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal yang membuat suasana hati jadi tidak menentu. Konsumsi teh bunga melati bisa mengatasi hal tersebut. Cobalah menyeduh teh melati di pagi hari. Lihat juga cara mengobati nyeri haid.

Inilah Khasiat Bunga Melati Sebagai Obat Tradisional

Selain dijadikan teh, masih ada cara lama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari bunga melati. Yaitu dengan membuatnya sebagai ramuan ataupun jamu tradisional. Baik untuk obat luar maupun obat dalam.

1. Mengobati flu
Melati mempunyai sifat sebagai antivirus serta antibakteri yang sangat membantu di pencegahan influenza dan pilek. Bila Anda terserang flu atau pilek, Anda bisa meringankannya dengan membuat melati sebagai teh. Cukup seduh melati dengan sedikit gula.

2. Sesak napas
Bukan cuma bunga melati, daunnya juga bermanfaat sebagai obat asma atau sesak napas. Jika ada keluarga yang menderita Asma, siapkan 20 lembar daun melati dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakannya, minum ramuan daun melati tersebut dua kali sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

3. Demam dan Sakit kepala
Banyak sekali obat tradisional yang bisa digunakan untuk menghilangkan demam dan sakit kepala. Salah satunya daun dan bunga melati. Sediakan 1 genggam daun melati, dan 10 kuntum bunga melati, bahan tersebut diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

4. Bengkak digigit serangga / lebah
Digigit serangga atau diantup lebah dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa serta mengalami pembengkakan. Untuk mengobatinya, ambil 1 genggam bunga melati kemudian diremas-remas sampai halus, bisa juga ditumbuk. Tempelkan bunga melati yang sudah ditumbuk trsebut pada bagian yang disengat lebah atau digigit serangga lainnya.

5. Sakit Mata (Merah atau belekan)
Ada beberapa jenis penyakit mata, salah satunya adalah mata merah dan belekan. Jika terjadi pada anak-anak biasanya akan menjadi olok-olokan temannya di sekolah. Untuk mengatasinya, 1 genggam daun melati dipipis/dilumatkan halus kemudian ditempelkan pada kelopak mata. biarkan hingga mengering lalu ganti dengan yang baru. Hati-hati jangan sampai kena mata.

6. Menghentikan ASI berlebih
Banyak wanita setelah melahirkan ASI-nya tidak keluar, tapi ada juga yang keluar ASI-nya justru berlebihan dan tak mau berhenti. Untuk mengatasinya bisa menggunakan daun bunga melati. Caranya, ambil 1 genggam daun melati kemudian ditumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut pada sekitar buah dada. Lakukan secara rutin pada pagi hari sebelum mandi.

7. Mengobati Insomnia
Insomnia atau susah tidur biasanya terjadi karena terlalu banyak pikiran atau stres. Yang lebih buruk lagi, kurang tidur yang berkualitas dapat menyebbakan metabolisme tubuh terganggu. Jadi jangan biarkan diri anda berlarut-larut dalam keadaan tersebut. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari bunga melati. Tapi bukan bagian bunganya yang akan kita gunakan di sini, melainkan akarnya. Ya, sediakan 10 cm akar melati lalu dicuci bersih dan tumbuk hingga halus. Beri air masak segelas, kemudian disaring dan minum airnya.

8. Mengobati radang usus
Kandungan dalam bunga melati juga sangat bgaus digunakan untuk mengatasi peradangan terutama pada saluran pencernaan seperti usus. Caranya, ambil segenggam daun melati, cuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring lalu diminum. Lakuakn secara rutin.

9. Mengobati radang ginjal
Peradangan pada ginjal bisa ditandai dengan adanya perubahan warna urine menjadi lebih pekat. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun melati. Caranya, sediakan 15 lembar daun melati kemudian dicuci bersih. Rebusa daun melati tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun melati tersebut secara rutin sampai warna urine kembali normal.

Dan Ternyata Banyak Sekali Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

Bunga melati merupakan tanaman hias yang punya banyak khasiat untuk kehidupan manusia. Selain manfaat untuk kesehatan, bunga yang menebar wangi menenangkan ini juga juga bermanfaat untuk kecantikan.

1. Atasi jerawat
Ternyata melati juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Anda hanya perlu menyiapkan bahan seperti bunga melati, belerang, serta air jeruk nipis. Cara pembuatannya dengan mencuci bersih semua bahan, kemudian di tumbuk hingga halus dan tambahkan jeruk nipis. Anda bisa mengoleskan di bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan 10 hingga 20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sehari dua kali.

2. Menghaluskan kulit tubuh
Mungkin saat ini para wanita begitu memimpikan memiliki tubuh yang halus dan lembut. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu menggunakan perawatan yang harganya sangat mahal. Anda bisa memanfaatkan melati, berikut caranya:
Siapkan segenggam melati, cuci hingga bersih dan tumbuk halus. Tambahkan air mawar, atau olive oil. Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan susu atau pun madu. Oleskan di kulit dengan merata, gosok-gosok hingga 20 menit. Anda bisa menggosok atau mengoleskannya sambil diberi pijatan agar semua sel kulit yang telah mati bisa terangkat keluar. Bersihkan dengan menggunakan handuk basah. Bilas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali di dalam 1 minggu.

3. Menghilangkan bau badan
Apa artinya jika sudah tampil cantik tapi tubuh mengeluarkan aroma tak sedap alias bau badan. Pasti kecantikan anda langsung menjadi tak berarti, dan membuat yang melihat jadi illfeel. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang melekat pada tubuh, yaitu menggunakan ramuan bunga melati. Caranya, siapkan 30 kuntum bunga melati dicuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan semalaman. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

4. Menguatkan Rambut
Bukan hanya lidah buaya atau daun waru yang bermanfaat untuk menguatkan rambut mengatasi kerontokan. Bunga melati juga bisa digunakan untuk menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok. Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air. Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan. Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus. Semua bahan yang ada kemudian dicampur dan dipanaskan diatas api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan ini sehari dua kali sebelum mandi.

5. Mencegah penuaan dini
Mengkonsumsi satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya dapat membuat kulit awet muda. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bunga melati mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak. Jadi jika Anda ingin selalu terlihat awet muda, selain berolahraga secara teratur, barengi dengan meminum secangkir teh bunga melati setiap hari.
Oke, itua manfaat bunga melati untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. Jadi totalnya ada 20 khasiat, dan tentunya masih banyak khasiat lainnya dari tanaman ini yang perlu diungkap dan diteliti lebih lanjut.


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.




0 komentar:

Posting Komentar