Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Belajar Seni Decoupage Dengan Mudah dan Cepat




Mempercantik benda - benda di sekitar anda sangatlah menarik dan bahkan bisa menjadi sumber rejeki bagi anda, salah satunya yang cukup populer dan tentunya dapat kita pelajari dengan mudah adalah seni menghias benda Decoupage, di luar negeri decoupage merupakan salah satu seni craft atau seni kerajinan tangan yang cukup populer, Decoupage adalah seni menghias benda/media dengan cara menempelkan kertas atau kain pada permukaan benda itu, untuk menempelkannya dibutuhkan lem khusus decoupage, yg paling terkenal merk Mod Podge,  Tapi lem ini sangat mahal dan belum diproduksi di Indonesia. Karena itulah orang-orang mulai mencari alternatif penggantinya dengan cara membuat sendiri lem untuk decoupage. Benda /media yg bisa di decoupage cukup beragam : piring, gelas, kaleng, perabot dari kayu dll. Jika menggunakan kertas tissue untuk menghiasnya disebut kerajinan servitten. sebelum kita mengenal dan memperlajari seni Decoupage yang cukup unik ini, ada baiknya anda saksikan salah satu Video tutorial  tentang bagaimana memperlajari seni decoupage dengan mudah, selamat menyimak :






Berbagai macam jenis dan Bahan - bahan untuk seni Decoupage mulai dari bahan - bahan dasar dan motif - motifnya bisa anda simak daftarnya secara online, Silahkan anda --->  KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI



Jika di uraikan secara garis besarnya Cara pengerjaan decoupage kurang lebih seperti ini : bersihkan media yang ingin dihias dengan cara decoupage. Kalo medianya terasa licin bisa diamplas dulu supaya lemnya dapat menempel dengan baik, kemudian baru oleskan lemnya ke seluruh permukaan media dengan menggunakan kuas. Selanjutnya tempelkan kain atau kertas yang sudah dipilih ke atas media sambil digosok-gosok, ditekan-tekan, atau ditarik-tarik sedikit agar tidak kusut, bergelombang/bergelembung atau terlipat khusus untuk kertas pengerjaannya harus lebih hati-hati karena mudah robek.  Setelah itu oleskan lagi lem decoupage ke seluruh permukaan kain/kertas untuk menciptakan coating. Kalau terlihat ada gelembung udara coba hilangkan dengan cara digosok-gosok memakai roll untuk mengecat . Tunggu 15 menit, oleskan lagi lem decoupage ke seluruh permukaan untuk menciptakan coating ke dua. Tunggu lagi 15 menit dan lanjut bikin coating ke 3. Setelah itu tinggal menunggu sampai permukaan media benar-benar kering dan siap dipakai.

Contoh - Contoh Karya Seni Decopage









Cara membuat larutan sederhana alternatif pengganti lem decoupage   :

8 ons/bagian lem putih/(untuk kayu) yg larut air
4 ons/bagian air (banyaknya air setengah bagian dari banyak lem))
Wadah kering yang mempunyai tutup ukuran 15 ons/kira2 cukup untuk mengaduk kedua bahan diatas

Tuang lem ke dalam wadah, tambahkan air,  tutup rapat, dan kocok dengan baik.
Untuk membuatnya menkilat tambahkan 2 sendok makan pernis berbasis air atau untuk membuat kilauan tambahkan glitter super halus.


Berikut ini Langkah - langkah cara menghias kaleng dengan seni Decoupage








 
















Bagaimana Belajar Seni Decoupage


Bahan Decoupage
Nah,, sekarang ini banyak toko online yang menjual acid-free decoupage paper, serta acrylic paint dengan warna yang sangat shabby chic. Semuanya produksi lokal oleh Kay&MeStories. Untuk yang domisili Bandung bisa memesan melalui BagusBagusWrapping. Toko online yang berbasis di Bandung ini memiliki koleksi lengkap dari Kay&Me. Tidak hanya kertas dan catnya, tersedia pula bahan2 kayu (seperti rak, box, mini cabinet, atau jam) untuk digunakan sebagai objek yang akan diberikan decoupage.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan decoupage adalah sebagai berikut:

- lem decoupage (yang terkenal sih merek mod podge, tapi sekarang ada versi lokalnya yang lebih bersahabat)
- cat akrilik
- decoupage paper (atau potongan kertas lain yang desainnya kamu sukai, potongan kertas dari majalah misalnya. Keep in mind, semakin tebal kertas, semakin banyak varnish yg harus digunakan agar gambar terlihat menyatu pada objek)
- Cat Varnish (glossy atau doff sesuai selera)
- Cat Primer (Opsional)
- Paint Brush (ini tergantung selera juga bisa dipilih apakah mau menggunajan roller brush, foam brush, atau kuas lukis biasa. Pilihlah alat yang akan memberikan coverage paling baik untuk setiap medium)
- Objek utama (tidak ada batasan barang apa yang dapat di-decoupage, tetapi untuk pemula sebaiknya memilih barang yang tidak banyak lekuk dan rigid dulu seperti kotak tissue, nampan, casing HP, dll. Kalau sudah ahli bisa merambah furniture, sepatu, dan barang-barang lain yang ingin di uplift.
- shrink wrap (opsional, fungsinya untuk meluruskan dan menghilangkan gelembung yang mungkin terperangkap saat kita menempel kertas pada objek. Shrink wrap memastikan tempelan, menempel sesuai dengan lekukan objek.

Cara melakukan decoupage sangat mudah.
Pertama lapisi objek dengan cat primer, kemudian lapisi dengan cat akrilik warna kesukaan mu. Biarkan hingga kering.
Kedua, mulai menempel decoupage paper satu persatu dengan menggunakan lem decoupage. Gosokkan shrink wrap di atas kertas yang telah ditmpel untuk memastikan kertas tertempel dengan rata dan baik
Ketiga, pelan-pelan, oleskan kembali lem decoupage di atas permukaan kertas. Hati2 kertasnya jangan sampai menempel pada kuas dan robek. Biarkan hingga kering
Keempat, beri lapisan varnish. Tunggu hingga kering. Berikan lagi beberapa layer lapisan varnish, sehingga memberikan efek yang diinginkan.
Decoupage yang diterapkan pada kartu ucapan biasanya 3-D decoupage. Dalam teknik ini salinan identik dari gambar yang sama diletakkan di atas satu sama lain, dimulai dengan seluruh gambar, kemudian membangun menggunakan bagian dari gambar yang di ulangi. Sebagai contoh, untuk decoupage tongkat mawar pertama \ seluru naik ke permukaan kartu ucapan. Berikutnya, memotong kelopak individu dari salinan gambar dan tongkat ini langsung di atas seluruh gambar-naik, memisahkan lapisan masing-masing dengan bantalan busa atau lem silikon. Di kartu ucapan tidak perlu untuk menutup gambar decoupage, Cloisonne di decoupage adalah teknik yang meniru proses memisahkan enamel dengan kawat tipis, menciptakan efek yang sama dengan jendela kaca. Untuk membuat efek cloisonne, pertama memotong gambar Anda, kemudian lem gambar ke kertas, logam mengkilap. Anda bisa menggunakan aluminium foil atau kertas pembungkus logam. Potong sekitarnya gambar lagi, meninggalkan perbatasan sempit 1 sampai 2 mm dari kertas metalik menunjukkan sekitar tepi. Lem ini ke permukaan Anda seperti biasa. Seal gambar setelah lem telah kering baik menggunakan cahaya, pernis transparan atau lem decoupage.
Penerangan. Biasanya decoupage dibuat menggunakan lem khusus decoupage. Tapi karena harganya cukup mahal, NadCraft ganti lem tersebut dengan lem putih/lem kayu.

Bahan2 yang diperlukan:

bahan


1. Kaleng bekas (bisa juga toples selai ataupun sesuatu dari bahan kayu)
2. Lem Putih / Lem Kayu (NadCraft pake merk Fox)
3. Cat Pylox warna putih
4. cat pylox clear
5. kain katun atau kertas kado (NadCrat menggunakan kain katun)
Selanjutnya kamu ikuti langkah2 di digambar2 berikut ini:
1. Cat permukaan kaleng dengan pylox berwarna putih. Lalu keringkan di bawah sinar matahari, atau bisa juga dengan menggunakan hair dryer

NadCarft Decoupage 01

2. Ukur tinggi dan lingkaran kaleng. Ukuran lingkaran ditambahkan 2 cm.
Ukur juga diameter tutup kaleng yang akan ditutup dengan kain

NadCarft Decoupage 02


3. Potong kain sesuai ukuran pada nomor 2

NadCarft Decoupage 03b
NadCarft Decoupage 03a

4. Oleskan permukaan kaleng dengan lem putih. Jika ada gumpalan lem, rataksn dengan jari
NadCarft Decoupage 04

5. Tutup permukaan kaleng dengan kain dengan rapi. Jaga agar tidak ada gelembung.
Setelah itu oleskan lem putih ke permukaan kain. Ratakan dengan jari atau kuas.
Keringkan di bawah sinar matahari, atau bisa menggunakan hair dryer.
Setelah kering, ulangi sampai 2-3 lapis.

05

6. Lakukan hal yang sama dengan keterangan nomor 5, pada tutup kaleng
NadCarft Decoupage 06

7. Agar hasil mengkilat, Setelah kering, semprotkan cat pylox clear sebagai pernis atau lacquer.
Keringkan di bawah sinar matahari, atau menggunakan hair dryer

NadCarft Decoupage 07


ini adalah contoh hasil decoupage dengan katun

selesai


Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.





9 komentar:

phiet lubis mengatakan...

Infonya bermanfaat sekali..kalau boleh saya tanya apa Mba tau formulasi untuk membuat sendiri cat akrilik warna-warni,vernish dan gesso terimakasih

Alfarabi mengatakan...

Pngen blajar langsung dong mbk.. Boleh?

Shafira Destiana mengatakan...

sangat bermanfaat,terimakasih banyak

Unknown mengatakan...

Makasih banyak infonya.

diar asia mengatakan...

saya lupa namanya, tapi inget metodenya. Cari2 di gugel, ketemu blog ini, namanya decoupage. Makasih ya :)

Cecep Lukmanul Hakim mengatakan...

Yang hobi decoupage, saya jual media untuk decoupage berupa cluth dan tas dari bahan daun pandan yang lagi nge hits.
Bisa kunjungi https://shopee.co.id/mashfa buat beli cluth polosnya. Harga nya murmer lhoo😊😊. Free ongkir lagi 😝😝

Dewi Suryati mengatakan...

Salam Kenal Mba terima kasih tutorialnya ya sangat bermanfaat terutama untuk pemula seperti saya

Anita mengatakan...

Salam kenal, mbak..
Mau tanya, kalau saya dan teman2 mau belajar, bisa bantu sebagai trainer?
Berapa biaya untuk bahan, let say buat 5 orang. Yg kami mau hias adalah kaleng bekas susu atau kayu/kotak kardus bekas sepatu. Terima kasih.
Email: greise_mp@yahoo.com

prela kusworo mengatakan...

taks infosmasinya sangat membantu

Poskan Komentar