Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Jahit Dan Nge Sol Sepatu Sendiri




Tukang Sol sepatu adalah jasa keahlian yang banyak di cari orang, hampir semua orang pernah menggunakan jasa Tukang Sol Sepatu, karena hampir setiap orang memiliki sepatu atau sendal, dan pernah copot jahitannya, jika demikian terkadang kita akan mencari tukang sol sepatu di pasar atau menunggu tukang sol sepatu keliling lewat di depan rumah kita, namun bagaimana jika Profesi tukang sol sepatu ini kian hari semakin langka, suatu saat nanti anda akan kesulitan mencari jasa tukang sol sepatu, bagaimana jika anda membutuhkan jasa tukang sol sepatu di waktu yang sangat penting, misalnya dalam waktu dekat sepatu anda yang copot jahitannya harus segera anda pakai untuk kegiatan yang sangat penting sedangkan tukang sol sepatunya sangat sulit di temui, selama ada kemauan dan keinginan untuk menambah keahlian dalam diri anda, tidak ada salahnya anda belajar mempelajari bagaimana cara nge sol sepatu sendiri sehingga anda tidak perlu lagi repot - repot mencari jasa tukang sol sepatu yang kian hari kian langka itu, selain lebih menghemat waktu anda juga dapat menghemat uang.

Sebelum kita bahas langkah - langkah bagaimana cara nge jahit Dan Nge Sol Sepatu Sendiri, mari kita saksikan salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana cara ngesol sepatu yang baik dan benar, selamat menyimak.




Nah, setelah menyaksikan Video tutorial di atas bagaimana belajar nge sol sepatu sendiri yang caranya cukup mudah ini, maka ada baiknya anda mencoba untuk memperbaiki sepatu anda sendiri karena selain menghemat biaya (dari pada memperbaiki dengan tukang sol sepatu), anda juga dapat menambah kemampuan anda. Sehingga apabila sepatu kesayangan anda rusak lagi, anda dapat segera memperbaikinya tanpa bingung mencari tukang sol sepatu yang sudah jarang ditemukan.



Berbagai Jenis dan model Jarum serta merek Peralatan dan Perlengkapan Sol Sepatu bisa anda temukan daftarnya, silahkan anda ---> KLIK DI SINI



Atau Di --> SINI



Persiapkan alat - alat dan bahan yang akan anda digunakan untuk mengesol sepatu :

1. Gunting

Gunting digunakan untuk memotong benang sol. Ada alternatif alat lain, yaitu anda juga dapat menggunakan cutter atau pisau.

2. Pensil

Mungkin anda bingung, kok menggunakan pensil untuk mengesol sepatu? Pensil berguna untuk menggambar pola pada sepatu anda agar lebih mudah dalam proses pengesolan. Apalagi jika anda adalah seorang pemula, jadi nanti sol sepatu anda akan terlihat rapi layaknya disol dengan tukang sol sepatu.

3. Jarum sol

Gunakan jarum khusus mengesol sepatu, anda dapat membelinya di pengrajin kayu atau anda juga dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan kawat yang diamplas hingga runcing, kemedian dipasangkan (dipaku) pada sebatang kayu sebagai alat pegangnya.

4. Benang sol

Pastikan anda menggunakan benang sol, karena benang sol memiliki ketebalan yang berbeda karena dirancang khusus untuk memperbaiki sepatu anda. Harganya pun relatif murah.

5. Sepatu yang rusak

Jelas ini adalah komponen utama. Pastikan rusaknya sepatu anda terlepas antara bagian pinjakan dengan bagian kain (permukaan) sepatu.

Jika semua alat dan bahan sudah lengkap. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah - Langkah Mengesol Sepatu dengan cermat dan teliti.

1. Buatlah pola semacam garis pada sepatu rusak anda. Hal ini bertujuan untuk merapihkan jahitan sol sepatu anda.
2. Masukkan jarum sol dari luar ke bagian dalam sepatu, kemudian masukkan benang sol pada bagian pengait di jarum sol sepatu.
3. Kemudian tarik pelan-pelan salah satu sisi benang sol ke luar, tarik hingga benang pada bagian luar dan dalam sepatu sama panjang.
4. Masukan kembali jarum sol, berilah jarak kurang lebih 1 cm (lebih dekat jaraknya semakin bagus karena lebih rapi hasilnya).
5. Kemudian kaitkan benang sol sisi yang lain keluar secara perlahan.
6. Masukan benang yang ada di luar (pada langkah 3) ke dalam lubang benang yang di tarik keluar (pada langkah lima) sehingga kedua sisi benang berada dalam satu lubang.
7. Kemudian tarik benang dari dalam sepatu hingga masuk.
8. Lakukan secara berulang langkah-langkah di atas hingga semua bagian sepatu selesai dijahit.
Sepatu yang di sol akan lebih kuat dan pinjakan sepatu tidak mudah lepas (mangap). Tak jarang sol sepatu juga digunakan pada sepatu yang baru, karena akan membuat umur sepatu anda lebih lama.


Lebih Detailnya anda bisa Jahit Dan Nge Sol Sepatu Sendiri, ikuti cara berikut ini :


Sebelum memulai belajar nge sol Sediakan terlebih dahulu peralatan berikut ini :

1. Gunting/pisau/cutter
2. Pensil , bebas pensil aja yg penting bisa digunakan untuk menggambar pola.
3. Jarum Sol , kamu bisa beli atau jika ingin membuat sendiri silahkan 
4. Benang Sol, harga 1 gulungnya sekitar 1000 rupiah panjang 1 meter.
5. Sepatu yang rusak parah, sebelum melakukan pengeSolan ke sepatu kesayangan kamu ada baiknya praktekan di sepatu bekas dulu.




Dan beginilah caranya ngesol sepatu yang baik dan benar :

1. Buatlah garis dengan pensil di sepatu , pembuatan garis ini bertujuan untuk merapihkan jahitan sol sepatu. pola garis menurut lekukan yang biasanya memang sudah terbentuk di sepatu .

2. Tusukkan jarum sol sepatu pelan pelan dari luar , dan sangkutkan benang sol ke jarum dari dalam , seperti ini

 

3. Tarik perlahan hingga benang tertarik keluar, tarik salah satunya hingga ukuran benang didalam dan di luar sama panjang.

4. Tusukkan kembali jarum sol , jarak antar tusukkan sekitar 1 cm, lebih kecil lebih bagus.


5. Sangkutkan kembali benang dari dalam seperti cara no. 1 tadi. kemudian tarik keluar benang , masukkan benang kedalam benang yang ditarik tadi, kira kira seperti ini


6. Tarik benang dari dalam hingga masuk.



7. Lakukan langkah langkah diatas berulang kali hingga jahitannya selesai



Demikian cara mudah belajar Sol sepatu sendiri, semoga artikel ini bermanfaat

Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.


SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.






6 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih informasinya bermanfaat sekali.
Jangan lupa mampir ke www.safetyshoes.co.id

sepatu kulit mengatakan...

makasih gan , abis ini ane mau coba jahit sepatu slip on ane dirumah , uda lepas sol nya , thanks ya gan

chandra chevz mengatakan...

Semoga dpt pahala gan trims info nya

Adfa Azzahra mengatakan...

bapakku tkg sol mangkal di pasar salam kenal dr jepara

Unknown mengatakan...

Bgaimana cara mngikatnya,setelah di jahit!

Dopido mengatakan...

Sedang butuh tutorial ini, mudah dipahami, terimakasih

Posting Komentar