Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Angpao Imlek Di Game Roda Rejeki Lazada

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Baik dan Benar Agar Lebih Aman




Karena panci presto menggunakan sistem uap bertekanan tinggi untuk proses melunakan makanan, tentunya anda harus lebih berhati - hati menggukan panci presto atau Pressin cooker tersebut, misalnya saja akibat kecerobohan yang tidak di sengaja contohnya tersumbatnya pressure Regulator karena kotoran bisa mengakibatkan panci pressto tersebut meledak, karena jika tekanan dalam panci melebihi batas yang ditentukan maka uap akan dikeluarkan lewat katup pengaman yang ada pada tutup panci. jika saat menutup panci ternyata tutup panci tidak terkunci dengan baik, maka tutup panci bisa terhempas dan mencederai anda. Pada kenyataanya banyak diantara kita yang ragu dan takut-takut saat mau menggunakan panci presto untuk pertama kalinya, takut terjadi kesalah saat menggunakan panci pressto tersebut, selanjutnya anda tidak perlu lagi khawatir karena kami akan memberikan tutorial dan tips kepada anda seputar Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Baik dan Benar Agar anda lebih nyaman dan aman saat menggunakan panci pressto tersebut untuk kegiatan masak memasak anda. intinya jika di operasikan dengan baik dan benar maka dapat di pastikan panci pressto tersebut aman di gunakan. sebelum kita membahasanya lebih jauh, ada baiknya anda menyimak salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana caranya menggunakan



Kwalitas bahan panci pressto yang anda gunakan tentunya sangat menentukan tingkat keamanan anda saat menggunakannya untuk memasak, dengan tekanan uap yang cukup tinggi maka ketebalan panci pun menjadi sebuah pertimbangan yang harus anda perhitungkan demi keselamatan anda saat memasak dengan panci tersebut, oleh sebab itu berikut ini kami informasikan berbagai macam jenis dan bahan panci pressto yang aman anda gunakan, untuk lebih lengkapnya silahkan anda lihat daftarnya di SINI

Atau Di --> SINI



Cara Kerja Alat Panci Presto

Panci Presto merupakan sebuah panci yang bisa digunakan memasak supaya proses memasak pun matang lebih cepat memakai air yang telah dididihkan bersama bahan makanan. Pada prinsipnya, media air yang telah dipanaskan mendidih pada suhu 100oC dengan tekanan 1 ATM. Nah kita ketahui di mana panci Presto ini terbuat dari material stainless steel tebal dan mempunyai tutup dengan lapisan seal kedap begitu rapat, dengan begitu saat air mendidih uap air pun tak akan keluar. Akhirnya berkumpul pada panci, jadi dengan bertambahnya variabel tekanan pada panci ini menjadikan suhu air naik hingga melebihi suhu 100oC saat mendidih. Hal inilah yg membuat proses memasak menjadi lebih singkat, yakni sekitar 1/3 waktu dibandingkan cara memasak memakai panci biasa.

Manfaat panci presto dalam proses masak-memasak di dapur sangatlah banyak. Baik dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan, dan tentu saja, cita rasa masakan itu sendiri. Diantara manfaat panci istimewa ini adalah :
1.    Makanan lebih sehat.
2.    Kandungan gizi dan rasa masakan tetap terjaga.
3.    Lebih efisien dan hemat energy.
4.    Multifungsi.
5.    Perawatannya simple.



Setiap model panci presto punya fitur yang berbeda. Demi pertimbangan keamanan dan untuk memastikan hasil yang maksimal, selalu baca petunjuk dari produsen sebelum mulai memasak dengan panci presto ini. Jika anda kehilangan buku petunjuk manualnya, hubungi produsen atau penjual dimana anda membeli panci tersebut.


Sebelum menggunakan panci presto, periksa dahulu alat tersebut dengan cermat. Panci harus bersih luar dan dalam, tak ada sisa bekas makanan atau kotoran di tepi panci maupun tutupnya. Sebaiknya panci jangan sampai ada lekukan dan penyok, ataupun kerusakan lain. Periksalah gasketnya. Gasket harus dalam kondisi baik, jangan sampai ada yang retak atau rapuh. Jika ada bagian karet yang rusak langsung ganti. Gasket harus pas dengan ukuran tutup.

Jika menggunakan model panci presto jiggle top, periksalah lubang ventilasi dan pastikan itu jelas terbuka. Pada panci presto model katup, coba gerakkan katup untuk memastikan ia bergerak bebas dan pastikan sekrup terpasang ketat. 

Memasukkan bahan makanan ke dalam panci presto
Sebelum mulai memasak pastikan panci presto sudah diisi air. Jumlah minimum air untuk model jiggle top adalah sekitar 1 gelas, sedangkan untuk model katup sekitar ½ gelas. Air sejumlah itu biasanya cukup untuk memasak sekitar 20 menit. Namun kami sangat merekomendasikan dan menyarankan anda untuk melakukan test drive atau uji coba untuk menentukan jumlah air yang ideal bagi merek anda. Jika masakan anda membutuhkan waktu memasak yang lebih lama, tambahkan lebih banyak air.

Panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya. Ruang yang tersisa akan dibutuhkan untuk uap bertekanan nantinya. Jika anda memasak makanan yang menghasilkan buih, seperti kaldu misalnya, maka pengisian maksimum adalah ½ dari total kapasitas panci.

Jika menggunakan rak atau tatakan kaki tiga, maka masukan terlebih dahulu tatakannya, kemudian air, lalu letakkan makanan pada rak atau tatakan tersebut.

Waktu memasak pada panci presto
Jika tekanan telah tercapai, kecilkan api, karena yang diperlukan sekarang adalah mempertahankan tekanan tersebut jangan sampai lebih dan jangan pula kurang. Jika anda telah melakukan uji coba sebelumnya, maka tandailah settingan ini. Mulailah menghitung waktu memasak dari sini. Sesuaikan lamanya waktu memasak masing-masing jenis makanan berdasarkan grafik cooking time-nya.

Memasak dengan panci presto tidak boleh ditinggalkan. Jika waktunya kelewatan beberapa menit saja maka bisa membuat masakan anda jadi bubur lembek. Jauhkan panci dari sumber panas jika masakan telah selesai.

Cara melepaskan tekanan dari panci
Yang perlu diperhatikan adalah : jangan membuka tutup panci sampai semua tekanan dari dalam panci selesai dilepaskan. Membuka tutup panci juga tidak boleh dipaksakan, karena boleh jadi itu artinya masih ada tekanan dari dalam.

Ada dua cara untuk melepaskan tekanan dari dalam panci :
Pertama, cara pelepasan alami. Setelah panci dijauhkan dari sumber panas, lalu biarkan saja. Ini adalah cara yang paling lama, waktu pelepasannya bisa mencapai 10 hingga 20 menit. Cara ini membuat makanan terus mendapatkan panas sambil perlahan-lahan melakukan pendinginan sampai benar-benar dingin.

Kedua, cara pelepasan cepat. Sebagian panci presto generasi pertama ada yang sudah memiliki fitur ini, sedangkan pada panci presto model katup keluaran baru hampir semuanya sudah mengadopsi cara ini. Cara pelepasan cepat yaitu dengan terlebih dahulu membuka katup pengaman (dengan menekan katup seperti pada video cara memakai panci presto dibawah ini), sampai uap habis. Setelah itu barulah membuka tutup panci.

Ingatlah !
Gunakan selalu panci presto yang bagus dan berkualitas Salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil masakan maupun keamanan saat memasak presto adalah kondisi dari panci presto itu sendiri. Pastikan untuk selalu menggunakan panci presto yang kualitasnya bagus.
Adapun cara memasak dengan panci presto ini adalah sebagai berikut:

    1. Pertama-tama siapkan terlebih dulu panci presto kemudian buka bagian tutupnya, geser bagian pegangan dalam tutup menuju arah berlawanan jarum jam kemudian angkat. Setelah itu, isi memakai bahan masakan kemudian masukkan air.

    2. Sesudah air dan bahan makanan dimasukkan pada panci, sesudah itu Anda bisa menutup kembali dengan cara memutar bagian pegangan tutup panci yang searah jarum jam. Dengan begitu letak pada pegangan tutup menjadi sejajar dengan bagian pegangan badan panci. Wajib diperhatikan, di mana gambar segitiga pada tutup panci mesti sama seperti gambar segitiga di gagang panci presto itu sendiri.

    3. Kemudian tunggu hingga beberapa saat hingga air pada panci mendidih dengan tanda keluarnya suara yang mendesis panjang pada katup yang terletak di bagian atas tutup, lalu kecilkan api supaya masakan bisa matang secara merata lalu melunak. Pada saat tersebutlah, waktu memasak pun mulai dapat dihitung, umumnya untuk memasak daging ayam membutuhkan waktu 10-15 menit, memasak daging kerbau, sapi atau bebek selama 15-20 menit. Sementara ikan bandeng kira-kira 45 menit kurang. Akan tetapi, terkadang tiap panci presto sendiri memerlukan proses memasak dengan waktu yang bervariasi hal ini tergantung pada kualitas dari presto tersebut.

    4. Anda harus mengikuti setiap petunjuk untuk cara memasak dengan panci presto dari resep atau koki agar bisa menentukan lamanya waktu memasak. Wajib diperhatikan juga di mana air pada panci tidak sampai habis sebab tak hanya menjadikan masakan cepat gosong melainkan juga bisa merusak panci tersebut.

    5. Jika masakan telah dirasa sudah cukup matang, matikanlah api kemudian diamkan sampai 5 menit. Lalu miringkan bagian kutub besar yang terletak di bagian tengah panci dengan begitu bandul kecil pun turun menuju posisi semula. Jika Anda merasa yakin tak terdapat uap keluar dengan suara desain pun menghilang, sehingga bagian tutup pada panci presto bisa dibuka lalu dikeluarkan bagian isinya.

    6. Hindari membuka bagian tutup panci jika belum mengeluarkan uap sisa yang terdapat pada panci, sebab uap bertekanan yang begitu panas bisa menyembur keluar sehingga bisa berbahaya. DI samping itu, menjadikan masakan pun lebih mudah hancur sebab tekanan pada uap yang telah keluar. Jika masakan tak matang sempurna, dengan begitu proses memasak pun bisa diulang dengan cara menutup bagian panci lalu menempatkannya di atas api yang menyala dan memulai lagi semuanya di awal.



Kelebihan Panci Presto

1.    Proses memasak lebih cepat, sehingga tidak membuang-buang waktu. Proses memasak lebih cepat karena panci presto memiliki tekanan tinggi, sehingga memungkinkan kita memasak makanan dengan suhu di atas air mendidih. Panci presto memasak pada suhu lebih dari 100°C sehingga waktu masak yang dibutuhkan berkurang 70% dan energi yang diperlukan hanya 50%.
2.    Hemat dalam penggunaan bahan bakar gas/ minyak tanah.
3.    Ketika panci presto digunakan untuk mengukus makanan (bukan merebus), vitamin dan mineral yang disimpan dalam makanan tidak akan hancur oleh sinar atau oksigen. Sebab, uap menggantikan udara di dalam panci dan tutup panci menghindari masuknya cahaya.
4.    Beberapa jenis biji-bijian (misalnya: biji kacang hijau) bisa lembut dalam waktu singkat jika dimasak dengan panci presto.
5.    Keuntungan lain dari memasak dengan panci presto adalah sterilisasi. Semakin tinggi panas, kemungkinan akan semakin banyak mikroorganisme yang mati dibandingkan menghilangkan mikroporganisme dalam air mendidih.

Kekurangan Panci Presto

1.    Jangan memasak makanan dalam waktu terlalu lama dengan panci presto, terutama sayuran. Soalnya, kalau terlalu lama maka  nutrisi yang terdapat pada sayuran justru bisa hancur dan makanan akan menghasilkan bau yang kurang sedap.
2.    Karena terlalu singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk mengempukan daging, maka biasanya bumbunya belum terlalu meresap. Sehingga, daging yang dimasak dengan panci presto biasanya terasa lebih hambar daripada yang dimasak dengan panci biasa.



Selamat Mencoba !

Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.





0 komentar:

Poskan Komentar