Hi Quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Langanan Via E-mail

Ayo Pelajari Carannya

Cara Mendapatkan Hadiah Voucher Belanja Gratis Dari Sandisk

Cara Mendapatkan Promo Barang Murah

Cara Belanja Lebih Irit dan Hemat

Cara Mudah Mengisi dan Menambah Freon AC Sendiri - Panduan Bagi Pemula




Tidaklah sulit menambah dan mengisi Freon AC, Jika AC kurang dingin kemungkinan besar adalah freon yang sudah berkurang atau habis, sekalipun anda bukan seorang ahli tehnik pendingin, artinya sebagai seorang pemula pun anda bisa mengisi atau menambah freon AC dengan mudah, karena ac masa kini sudah menggunakan sistem pentil seperti layaknya pentil ban mobil, jadi anda dengan mudah bisa menambahkan freon yang kurang pada AC anda,  yang perlu di pahami hanyalah takaran seberapa banyak jumlah Freon yang di injinkan masuk ke kompresor AC, dan cara membaca Manifold ( alat ukur tekanan freon ) - semua peralatan yang anda butuhkan untuk bisa Mengisi dan Menambah Freon AC Sendiri tidaklah mahal, semuanya bisa anda beli secara online, tidak ada salahnya setelah membaca artikel ini anda mencoba mempraktekannya terhadap AC di rumah anda yang kurang dingin,  sebelum kita membahasnya langkah demi langkah ada baiknya anda mencoba menyimak salah satu video tutorial tentang cara mengisi AC dengan mudah, selamat menyimak :


Berbagai Macam perlengkapan dan peralatan yang di butuhan untuk proses mengisi dan menambah Freon AC bisa anda simak harga dan spesifikasi lengkapnya melalui daftar berikut ini, untuk lebih detailnya silahkan anda  --- > KLIK DI SINI


Atau Di --> SINI


Berikut ini Panduan Bagi pemula untuk mempelajari Cara Mudah Mengisi dan Menambah Freon AC :
Alat dan Bahan :
  • Manifold (alat ukur tekanan freon)
  • Flaring (alat pelebar diameter pipa)
  • Kunci inggris 10 dan 12 inci
  • Kunci pas satu set
  • Tabung refrigerant (disesuaikan dengan tipe AC)
  • Tang amper atau clamp meter
  • Obeng set atau screwdriver set
Langkah-langkah :
  1. Hidupkan perangkat AC yang akan diisi freon.
  2. Gunakan kunci inggris/kunci pas untuk membuka penutup service valve yang terletak di pipa besar.
  3. Hubungkan selang manifold warna biru (low preassure) ke service valve. Kemudian pasang juga selang manifold warna kuning ke tabung refrigerant. Posisi service valve bisanya berada di sebelah kiri, sedangkan tabung refrigerant ada di sebelah tengah manifold. Jangan lupa lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi semua keran manifold sudah dalam keadaan tertutup.
  4. Saatnya melakukan pendeteksian secara dini. Caranya cek tekanan freon AC tersebut. Ingat tekanan freon AC tipe R22 yang standar berkisar antara 57,6-84,1 psig.
  5. Apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata tidak ada tekanan sama sekali, kemungkinan besar ada kebocoran pada sistem pendingin AC. Anda harus mencari tahu letak kebocoran tersebut sebelum dilakukan pengisian freon. Triknya yaitu usapkan air sabun menggunakan kuas kecil kecil ke seluruh permukaan AC secara perlahan-lahan. Posisi kebocoran AC ditandai dari adanya gelembung sabun yang tercipta.
  6. Perbaikan AC yang bocor dapat dilakukan dengan metode pengelasan. Sebaiknya buang sisa freon yang masih tersimpan di dalam AC sebelum dilas agar tidak membahayakan diri Anda.
  7. AC yang sudah dilas tadi selanjutnya wajib divakum menggunakan mesin vakum hingga mencapai 30”.
  8. Pasang kembali selang manifold warna biru ke pentil pengisian freon serta selang warna kuning pada tabung freon. Berikutnya buka lah penutup keran nepel ukuran 3/8 lalu masukkan kunci L pada keran tersebut dan putar ke kanan untuk membukanya.
  9. Nyalakan AC split dan tunggu beberapa saat hingga unit indoor mengalirkan listrik ke unit outdoor. Setelah unit outdoor juga menyala, Anda bisa melepaskan selang warna biru dari manifold. Jangan kaget sebab tindakan ini akan menyebabkan angin keluar dari selang warna biru tersebut. Setelah angin berhenti, Anda bisa memasang kembali selang warna biru tadi pad manifold, kemudian putar ke arah kiri.
  10. Isikan freon dengan cara memutar keran manifold warna biru ke arah kiri. Sembari melakukan pengisian, Anda harus memperhatikan jarum indikator yang terdapat di manifold untuk mengetahui kapasitas freon yang sudah dimasukkan ke dalam sistem pendingin. Tips dari kami, lakukan pengisian freon sedikit demi sedikit agar tidak merusak bagian klep kompresor.
  11. Tanda jumlah freon yang diisikan ke AC sudah cukup adalah pipa instalasi AC yang berukuran 3/8 pad unit outdoor terlihat basah dan berembun, serta kondisi evaporator pada unit indoor terasa dingin menyeluruh. Pengisian freon yang berlebihan justru mengakibatkan AC sama sekali tidak dingin.
  12. Setelah dianggap freon yang dimasukkan telah cukup, tutup lah kembali keran yang ada di tabung freon seperti semula kemudian lepaskan selang manifold yang terpasang di tabung freon dan unit AC. Tunggu selama beberapa saat, selanjutnya lakukan pengecekan tekanan menggunakan ampere meter. Terakhir, buka lalu lepaskan selang manifold pada unit AC serta tutup kembali penutup valve service.

Cara Alternatif Mencari kebocoran Pada Sistem Pendingin AC

CARA MENGISI FREON AC DENGAN FREON REFRIGERANT R22 - HIJAU

Peralatan yang dibutuhkan :

1        Manifold (alat ukur tekanan freon)
2.       Kunci inggris 10" dan 12" masing
3.       Kunci pas satu set
4.       Tang Amper / clamp meter
5.       Obeng set (screwdriver set)
6.       Tabung refrigerant  R22
7.       Alat Flaring

Langkah Kerja Memperbaiki Kebocoran:

Nyalakan unit AC, Buka penutup service valve pada pipa besar menggunakan kunci inggris atau kunci pas Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada service valve (posisi sebelah kiri pada manifold anda) dan warna kuning pada tabung refrigrant (posisi sebelah tengah pada manifold anda). Usahakan kran manifold pada posisi tertutup semua.
   
Untuk deteksi dini, cek tekanan freon AC. Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig.
Jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran. Cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali. Bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
    Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum. Vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum??

Proses Kerja Vacuum dan Mengisi Freon:


1.  Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung Freon (posisi kran ditabung freon dalam keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2.   Buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3.   Masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4.   Operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5.  Setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.
6.  Setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).

7.   Isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
Pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.

8.  Buka kran manifold tunggu beberapa saat, lalu tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
   
Bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin. Perhatikan juga ampere compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas ampere (current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.

9. Tutup kembali kran pada tabung freon.

10  Lepas selang manifold pada tabung freon dan unit AC.
     Tunggu beberapa saat check kembali tekanan freon AC, chek Ampere meter (currency) apabila melebihi  kapasitas kurangi tekanan dengan sedikit membuangnya.

11 Buka dan lepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali penutup valve service.


Selamat Mencoba !


Artikel ini dirangkum Dari Berbagai Sumber dan pengalaman kami


      Sebelum Anda Menutup Halaman Ini ada baiknya anda berbagi kasih dengan  membagikan Informasi bermanfaat ini kepada teman - teman yang lain dengan cara menekan Tombol Share Di bawah Postingan ini, agar semakin banyak orang yang di berkati lewat informasi yang anda bagikan.



SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.










0 komentar:

Poskan Komentar